Bakwan mangkok Kalimantan

Bakwan mangkok Kalimantan
Bakwan mangkok Kalimantan

cucinakristina Hallo bunda ketemu lagi sama krinstina yang hobi masak kali ini saya akan buat Bakwan mangkok Kalimantan yang terkenal enak itu loh bun.

memang agak sedikit beda sih biasanya kalau bakwan mangkok kalimantan pakai udah di tengahnya, karena tidak ada udang di pasar kali ini kita gak pakai sulu ya.

Bahan yang di perlukan :

Bakwan mangkok – Kol 1/4 – Wortel 2 bh – Jagung 1 bh – Daun bawang 1 btg – Tepung terigu 200 gr – Tepung beras 30 gr – Air es 250 ml – Santan 65 ml Bumbu – BW putih 2 siung – Kemiri 2 bh – Ebi 1 sdm – Garam, kaldu bubuk 1/2 sdt – Lada bubuk 1/4 sdt Olesan – 1 sdm margarin – 1 sdm tepung terigu – 1 sdm minyak

Cara membuat

Kol kita iris-iris dulu nih kemudian jagung manis kita pipil daun bawang wortel diparut aja bawang putih kemiri sama Ebi ini kita halusin tuang sayuran yang udah diiris-iris

Di sini ada wortel jagung manis dan daun bawang tuang terigu tepung beras garam kaldu bubuk lada bubuk semuanya diaduk dulu sebelum dimasukin air kita aduk dulu semuanya aduk sampai semua sayuran ini dibalut dengan tepung.

Kemudian kita masukin santan kemasan bumbu yang udah diulek sambil dituang air kita aduk ini aduknya sampai kecampur ini airnya air es ya kita gunain air es ini diaduk sampai kecampur rata aja ya nah

Kemudian langsung kita goreng nih di sini Bang sobat mau gorengnya ya dicetak pakai centong nah Biasanya nih kalau kalian pakai centong umumnya itu suka lengket ya kan.

Kristina akan kasih tips gimana ngegoreng pakai centong ya dan nggak lengket ini dia Jadi kita akan campur ini ada margarin sama minyak goreng ya terus kita kasih juga terigu

Masing-masing perbandingannya sama satu sendok makan kita aduk aja nah sampai kecampur rata ini ini bakalan anti lengket ya Jadi tinggal kita oles saja dulu sedikit ya ini dijamin enggak lengket lagi.

Nih ini dia tipsnya ya Bun, dah kayak gini aja ya tinggal kita cetak bikin bakwan nih ambil aja adonan bakwan kita cetak pakai centong ya penuh.

Langsung goreng aja Minyaknya udah panas ya Biarin aja ntar dilepas sendiri kok ini kalau kalian punya centong banyak ya tinggal masukin aja lagi nah ini terlihat tuh ya lepas sendiri itu enak banget tinggal kita goreng lagi

Goyang-goyangin aja dilepas sendiri itu ini kita gorengnya setengah matang aja dulu ya Oke kita angkat karena kita mau jadiin dia tuh mangkok ya benar-benar bentuk kayak mangkok. jadi yang setengah matang ini kita akan angkat dulu bentuknya sih udah bagus.

Terus kita bikin dia kayak kawah gitu tuh ya nah ini nanti kita goreng lagi nih ini bentuknya udah kayak kawah kita ambil lagi terus kita pengen Oke ini kita goreng lagi nah ini kita goreng lagi nih biar sampai garing ya bener-bener garing.

Kalau udah warnanya udah golden brown dan bentuknya juga udah mangkok banget tuh keren ini bakwan mangkok tinggal atasnya kita kasih sambal Nih mangkoknya ya kan bagian mangkoknya kita kasih sambel ini Dia Bun bakwan mangkok bentuknya kayak mangkok ya.

Tinggal atasnya kita kasih sambel wow ini bawahnya garing ya garing banget ini kita kasih sambel tuh atasnya ini sambelnya nggak selalu kecap kayak gini ya bisa juga kalian kasih sambal sambal saus mantap banget yang lain bisa kita kasih sambal saus aja deh yang ini kita kasih saos ya kan kita coba ini Bun.

Jadi bakwan kalau dibuat begini nih dia garing bun karena dibuat dia penyet begini tuh tinggal dicocol di sini ini macam-macam nih kalau mau sambalnya kayak gimana gitu kan nggak cocok gini nih.

Bismillahirrahmanirrahim bawahnya garing Sob enak dibuatnya mangkok kayak begini Kamu cobain nanti yang Sambal ini sambal kecap sama ini tuh ada cabe-cabe itu garing masih ada lembut lembutnya gurih lagi pokoknya the best deh

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *